Kamis, 12 November 2015

MEDAN MAKNA DAN KOMPONEN MAKNA



MEDAN MAKNA DAN KOMPONEN MAKNA
A.      Medan Makna
Medan makna adalah salah satu kajian utama dalam semantik. Medan makna merupakan bagian dari sistem semantik bahasa yang menggambarkan bagian dari bidang kebudayaan atau realitas dalam alam semesta tertentu yang direalisasikan oleh seperangkat unsur leksikal yang maknanya berhubungan. Di dalam medan makna, suatu kata terbentuk oleh relasi makna kata tersebut dengan kata lain yang terdapat dalam medan makna itu.
Menurut Harimurti (dalam Chaer, 2013:110) medan makna (semantic field, semantic domain) adalah bagian dari sistem semantik bahasa yang menggambarkan bagian dari bidang kebudayaan atau realitas dalam alam semesta tertentu dan yang direalisasikan oleh seperangkat unsur leksikal yang maknanya berhubungan. Misalnya, nama-nama warna, perabot rumah tangga, istilah pelayaran, istilah olahraga, istilah perkerabatan, istilah alat pertukangan membentuk medan makna tertentu.
Medan makna menurut kamus (KL: 1997) adalah kumpulan butir leksikal Yang maknanya saling berhubung kait di sebabkan masing-masing dalam konteks yang serupa.
Kata-kata atau leksem-leksem yang dikelompokkan dalam satu medan makna, berdasarkan sifat hubungan semantisnya dapat dibedakan atas kelompok medan kolokasi dan medan set. Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI, 2012:715) kolokasi adalah asosiasi tetap antara kata dan kata lain dalam lingkungan yang sama. Kolokasi (berasal dari bahasa Latin colloco yang berarti ada di tempat yang sama dengan) menunjuk kepada hubungan sintagmatik yang terjadi antara kata-kata atau unsur-unsur leksikal itu. Misalnya, pada kalimat Tiang layar perahu nelayan itu patah dihantam badai, lalu perahu itu digulung ombak, dan tenggelam beserta isinya, kita dapati kata-kata layar, perahu, nelayan, badai, ombak, dan tenggelam yang merupakan kata-kata dalam satu kolokasi, satu tempat atau satu lingkungan. Jadi, kata-kata yang berkolokasi ditemukan bersama atau berada bersama dalam satu tempat atau satu lingkungan.
Kalau kolokasi menunjuk pada hubungan sintagmatik karena sifatnya yang linear maka set menunjuk pada hubungan paradigmatik karena kata-kata atau unsur-unsur yang berada dalam satu set dapat saling menggantikan. Suatu set biasanya berupa sekelompok unsur leksikal dari kelas yang sama yang tampaknya merupakan satu kesatuan. Setiap unsur leksikal dalam suatu set dibatasi oleh tempatnya dalam hubungan dengan anggota-anggota dalam set tersebut. Misalnya kata remaja merupakan tahap pertumbuhan antara kana-kanak dengan dewasa, sejuk adalah suhu di antara dingin dengan hangat. Maka kalau dibagankan kata –kata yang berada dalam satu set dengan kata remaja dan sejuk adalah sebagai berikut:
SET                           bayi                 dingin
(paradigmatik)          kanak-kanak    sejuk
                                  remaja             hangat
                                  dewasa                        panas
                                  manula             terik
Pengelompokan kata berdasarkan kolokasi dan set dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai teori medan makna, meskipun makna unsur-unsur leksikal itu sering bertumpang tindih dan batas-batasnya juga seringkali menjadi kabur. Selain itu, pengelompokan ini juga kurang memperhatikan perbedaan antara yang disebut makna denotasi dan makna konotasi, antara makna dasar dari suatu kata atau leksem dengan makna tambahan dari kata itu.
Oleh karena itu, secara semantik diakui bahwa pengelompokan kata atau unsur-unsur leksikal secara kolokasi dan set hanya menyangkut satu segi makna, yaitu makna dasarnya saja. Sedangkan makna setiap kata atau unsur leksikal itu perlu dilihat dan dikaji secara terpisah dalam kaitannya dengan penggunaan kata atau unsur leksikal tersebut di dalam pertuturan. Setiap unsur leksial memiliki komponen makna masing-masing yang mungkin ada persamaannya dan ada perbedaannya dengan unsur leksikal lainnya.
B.       Komponen Makna
Komponen makna adalah makna yang dimiliki oleh setiap kata yang terdiri atas sejumlah komponen yang membentuk keseluruhan makna kata itu. Komponen makna atau komponen semantik (semantic feature, semantic property, atau semantic marker) mengajarkan bahwa setiap kata atau unsur leksikal terdiri dari satu atau beberapa unsur yang bersama-sama membentuk makna kata atau makna unsur leksikal tersebut. Misalnya, kata ayah mengandung komponen makna atau unsur makna: +insan, +dewasa, +kawin, dan +jantan; dan ibu mengandung komponen makna: +insan, +dewasa, +kawin, dan –jantan. Maka, kalau dibandingkan makna kata IayahI dan ibu adalah menjadi seperti tabel di bawah ini:
Komponen Makna
Ayah
Ibu
  1. Insan
  2. Dewasa
  3. Kawin
  4. Jantan
+
+
+
+
+
+
+
-
Keterangan:       tanda + berarti mempunyai komponen makna tersebut, dan
                           tanda – berarti tidak mempunyai komponen makna tersebut.
Perbedaan makna antara kata ayah dan ibu hanyalah pada ciri  makna atau komponen makna: ayah memiliki makna ‘jantan’ sedangkan kata ibu tidak memiliki makna ‘jantan’.
Konsep analisis ini (lazim disebut analisis biner) oleh para ahli kemudian diterapkan juga untuk mebedakan makna suatu kata dengan kata yang lain. Misalnya, kata ayah dan ibu dapat dibedakan berdasarkan ada atau tidak adanya ciri jantan.
ayah                   ibu
+ manusia          + manusia
+ dewasa           + dewasa
+ kawin              + kawin
+ jantan              - jantan
Sedangkan kata becak dan bemo dapat dibedakan berdasarkan ada atau tidak adanya ciri bermesin/bermotor.
becak                             bemo
+ kendaraan umum        + kendaraan umum
+ beroda tiga                 + beroda tiga
- bermotor                      + bermotor
Ada tiga hal yang perlu dikemukakan sehubungan dengan analisis biner tersebut.
Pertama, ada pasangan kata yang satu diantaranya lebih bersifat netral atau umum sedangkan yang lain bersifat khusus. Misalnya, pasangan kata mahasiswa dan mahasiswi. Kata mahasiswa lebih bersifat umum dan netral karena dapat termasuk ‘pria’ dan ‘wanita’. Sebaliknya kata mahasiswi lebih bersifat khusus karena hanya mengenai ‘wanita’. Jadi:
Ciri
mahasiswa
Mahasiswi
Pria
+
-
wanita
+
+
Unsur leksikal yang bersifat umum seperti kata mahasiswa ini dikenal sebagai anggota yang tidak bertanda dari pasangan itu. Dalam diagram anggota yang tidak bertanda ini diberi tanda 0 atau ±, sedangkan anggota yang lebih khusus dikenal sebagai anggota yang bertanda. Dalam diagram diberi tanda + kalau memiliki ciri itu dan tanda – jika tidak memiliki ciri itu.
Kedua, ada kata atau unsur leksikal yang sukar dicari pasangannya karena memang mungkin tidak ada,  tetapi ada juga yang memiliki pasangan lebih dari satu. Contoh yang sukar dicari pasangannya adalah kata-kata yang berkenaan dengan nama warna. Selama ini kata putih memang dapat dipasangkan dengan kata hitam (yang secara teknis ilmiah bukan warna), tetapi nama-nama warna lain tidak mudah untuk dicari pasangannya. Contoh lain yaitu contoh yang pasangannya lebih dari satu, misalnya kata’berdiri’. Kata ‘berdiri’ bukan hanya bisa dipertentangkan dengan kata tidur, tetapi bisa saja dengan kata tiarap, rebah, duduk, jongkok, dan berbaring.
Ketiga, seringkali sukar mengatur ciri-ciri semantik itu secara bertingkat, mana yang lebih bersifat umum, dan mana yang lebih bersifat khusus. Contohnya, ciri jantan dan dewasa, mana yang lebih bersifat umum antara jantan dan dewasa. Bisa jantan, tetapi bisa juga dewasa sebab tidak ada alasan bagi kita untuk menyebutkan ciri jantan lebih bersifat umum daripada dewasa, begitu juga sebaliknya, karena ciri yang satu tidak menyiratkan makna yang lain. Karena itu, keduanya, jantan dan dewasa tidak dapat ditempatkan dalam suatu hierarki. Keduanya dapat ditempatkan sebagai unsur yang “lebih tinggi” dalam diagram yang berlainan.
Walaupun analisis komponen makna ini dengan pembagian biner banyak kelemahannya, tetapi cara ini banyak memberi manfaat untuk memahami makna kalimat.  Para tata bahasawan transformasional juga telah menggunakan teknik ini sehingga minat terhadap analisis komponen makna ini menjadi meningkat. Malah pernah disarankan agar daftar kosakata yang dilampirkan pada tata bahasa transformasi itu dilengkapi dengan sejumlah ciri semantiknya untuk dapat dipersamakan dan diperbedakan antara yang satu dengan yang lainnya. Misalnya, kalau kata benda warung, kebudayaan, dukun, anjing, dan Jakarta diberi ciri-ciri semantiknya maka akan kita dapati daftar sebagai berikut:


warung
+ umum
+ konkret
- insan
- hidup
kebudayaan
+ umum
+ konkret
- insan
- hidup
dukun
+ umum
+ konkret
- insan
- hidup
anjing
+ umum
+ konkret
- insan
+ hidup

Jakarta
- umum
+ konkret
-          insan
-          hidup
Dalam bagan berikut akan tampak lebih jelas persamaan dan perbedaan ciri-ciri semantik kelima kata itu.
Ciri
Umum
konkret
insan
Hidup
warung
kebudayaan
dukun
anjing
Jakarta
+
+
+
+
-
+
-
+
+
+
-
-
+
-
-
-
-
+
+
-
Daftar kata-kata di atas adalah kata-kata dari kelas nomina. Bagaimana dengan kata-kata dari kelas verba, kelas ajektiva, atau kelas lainnya. Itu pun dapat juga diberi ciri-ciri semantiknya.contoh, kata-kata dari kelas verba makan, menulis, dan terbit. Kata makan memiliki ciri +hidup, +makhluk, +transitif, +tindakan; kata menulis memiliki ciri +hidup, +insan, +transitif, +tindakan; dan kata terbit memiliki ciri +makhluk, +itransitif, +proses.
Di sini memang kita sukar menerapkan analisis Biner ini. Tetapi ciri-ciri makna itu bisa diperinci untuk menentukan persamaan dan perbedaannya. Kata makan itu bisa berciri makhluk hidup. Artinya kata tersebut berkenaan dengan manusia dan juga binatang. Tetapi kata menulis hanya berkenaan dengan manusia, tidak dengan binatang. Sebaliknya kata terbit tidak berkenaan dengan manusia maupun binatang, melainkan hanya berkenaan dengan benda lain. Karena itu kalimat *Dia terbit dari balik pintu dan *Harimau itu terbit dari semak-semak tidak terterima. Tetapi kalimat matahari terbit dari balik bukit bisa diterima.
Analisis semantik kata yang dibuat seperti di atas banyak memberi manfaat dalam memahami makna-makna kalimat; tetapi pembuatan daftar kosakata dengan disertai ciri-ciri semantiknya secara lengkap bukanlah pekerjaan yang mudah sebab memerlukan pengetahuan budaya, ketelitian, waktu, dan tenaga yang cukup besar.


DAFTAR PUSTAKA


Abdul Chaer.2002. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia.Jakarta.: PT Rineka Cipta.
Kamus Lingustik. 1997. Kuala Lumpur:  Bahasa dan Pustaka

6 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Promo Spesial Slot Online Spadegaming

    Promo Bonus Yang Dimaksud Adalah Promo Bonus Deposit 15%. Promo Ini Berlaku Untuk Deposit Semua Jenis Rekening Bank Yang Ada Di Indonesia.

    Jadilah Salah Satu Pemenang Jackpot Progresive Ratusan Juta Yang Hadir Setiap Hari !

    Untuk Informasi selengkapnya, Hubungi Kontak Cs Kami:
    Whatsapp : +62812-2222-995

    Link Pendaftaran : https://bit.ly/regisbvgaming

    Layanan 24 Jam Online Setiap Hari!

    #slotonline #spadegaming #daftarslotonline #slotspadegaming #slotgacor #slotjackpotbesar #slotgampangjackpot #slotgampangmenang #agenslotspadegaming

    Sumber : pin.it/4idSfXP

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas penjelasannya, lumayan membantu :). Mampir juga ke tweetilmu.web.id

    BalasHapus