Senin, 22 Juni 2015

RINGKASAN MATERI EVALUASI PENGAJARAN BAHASA



Topik
Evaluasi Pengajaran Bahasa

Sub Topik
1.      Pengertian evaluasi pendidikan
Evaluasi pendidikan menurut Bloom et.al adalah pengumpulan kenyataan secara sistematis untuk menetapkan apakah dalam kenyataannya terjadi perubahan dalam diri siswa dan menetapkan sajauh mana tingkat perubahan dalam pribadi siswa.
Dalam evaluasi pendidikan atau pembelajaran di sekolahan dapat digambarkan adanya input (bahan mentah yaitu calon siswa yang akan masuk sekolah), transformasi (mesin yang bertugas mengubah bahan mentah menjadi bahan jadi dalam istilah pendidikan sekolahlah yang di sebut transformasi), dan output (bahan jadi yang dihasilkan oleh transformasi) ada pula yang di sebut dengan umpan balik (segala informasi baik yang menyangkut output maupun transformasi).
2.      Pengertian evaluasi pendidikan pengajaran bahasa
Evaluasi ppendidikan pengajaran bahasa dapat diartikan, sebagai suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai dari hasil pengajaran atau dari sesuatu yang ada hubungannya dengan dunia pendidikan. Dalam kegiatan evaluasi setidaknya ada dua kegiatan yaitu mengukur dan menilai. Evaluasi yang pertama merupakan kegiatan yang bersifat kuantitatif sedangjkan yang kedua merupakan kegiatan yang bersifat kualitatif. Evaluasi kedua kegiatan ini dilakukan melalui kegiatan yang berbeda. Untuk merealisasikan kegiatan evaluasi di perlukan alat tertentu,di antaranya adalah tes
3.      Ruang lingkup pengajaran bahasa
Ruang lingkup pengajaran bahasa berarti cakupan dan apa saja yang bisa dijadikan objek pengajaran bahasa. Dalam bidang pengajaran bahasa, ruang lingkupnya bisa mencakup : aspek pengajarannya (guru, siswa, metode, materi, kurikulum, media, dll.); aspek bahasanya (fon, fonem, morfem, frasa, klausa, kalimat, paragraf, wacana)
4.      Jenis-jenis evaluasi pengajaran bahasa
Jenis-jenis evaluasi berdasarkan tujuan dibedakan atas lima jenis evaluasi yaitu :
1.      Evaluasi diagnostik
Evaluasi diagnostik adalah evaluasi yang ditujukan untuk menelaah kelemahan-kelemahan siswa beserta faktor-faktor penyebabnya.
2.      Evaluasi selektif
Evaluasi selektif adalah evaluasi yang digunakan untuk memilih siswa yang paling tepat sesuai dengan kriteria program kegiatan tertentu.
3.      Evaluasi penempatan
Evaluasi penempatan adalah evaluasi yang digunakan untuk menempatkan siswa dalam program pendidikan tertentu yang sesuai dengan karakteristik siswa.

4.      Evaluasi formatif
Evaluasi formatif adalah evaluasi yang dilaksanakan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar dan mengajar.
5.      Evaluasi sumatif
Evaluasi sumatif adalah evaluasi yang dilakukan untuk menentukan hasil dan kemajuan belajar siswa.

DAFTAR PUSTAKA

Arifin Zaenal. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Arikunto Suharsimi. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Burhan Nurgiantoro. (2012). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar