Topik
Evaluasi
Pengajaran Bahasa
Sub
Topik
1.
Pengertian
evaluasi pendidikan
Evaluasi
pendidikan menurut Bloom et.al adalah pengumpulan kenyataan secara sistematis
untuk menetapkan apakah dalam kenyataannya terjadi perubahan dalam diri siswa dan
menetapkan sajauh mana tingkat perubahan dalam pribadi siswa.
Dalam evaluasi
pendidikan atau pembelajaran di sekolahan dapat digambarkan adanya input (bahan
mentah yaitu calon siswa yang akan masuk sekolah), transformasi (mesin yang
bertugas mengubah bahan mentah menjadi bahan jadi dalam istilah pendidikan
sekolahlah yang di sebut transformasi), dan output (bahan jadi yang dihasilkan
oleh transformasi) ada pula yang di sebut dengan umpan balik (segala informasi
baik yang menyangkut output maupun transformasi).
2.
Pengertian
evaluasi pendidikan pengajaran bahasa
Evaluasi ppendidikan pengajaran
bahasa dapat diartikan, sebagai suatu
tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai dari hasil pengajaran atau
dari sesuatu yang ada hubungannya dengan dunia pendidikan. Dalam kegiatan
evaluasi setidaknya ada dua kegiatan yaitu mengukur dan menilai. Evaluasi yang
pertama merupakan kegiatan yang bersifat kuantitatif sedangjkan yang kedua
merupakan kegiatan yang bersifat kualitatif. Evaluasi kedua kegiatan ini
dilakukan melalui kegiatan yang berbeda. Untuk merealisasikan kegiatan evaluasi
di perlukan alat tertentu,di antaranya adalah tes
3.
Ruang
lingkup pengajaran bahasa
Ruang lingkup
pengajaran bahasa berarti cakupan dan apa saja yang bisa dijadikan objek
pengajaran bahasa. Dalam bidang pengajaran bahasa, ruang lingkupnya bisa
mencakup : aspek pengajarannya (guru, siswa, metode, materi, kurikulum, media,
dll.); aspek bahasanya (fon, fonem, morfem, frasa, klausa, kalimat, paragraf,
wacana)
4.
Jenis-jenis
evaluasi pengajaran bahasa
Jenis-jenis
evaluasi berdasarkan tujuan dibedakan atas lima jenis evaluasi yaitu :
1.
Evaluasi diagnostik
Evaluasi
diagnostik adalah evaluasi yang ditujukan untuk menelaah kelemahan-kelemahan
siswa beserta faktor-faktor penyebabnya.
2.
Evaluasi selektif
Evaluasi
selektif adalah evaluasi yang digunakan untuk memilih siswa yang paling tepat
sesuai dengan kriteria program kegiatan tertentu.
3.
Evaluasi penempatan
Evaluasi
penempatan adalah evaluasi yang digunakan untuk menempatkan siswa dalam program
pendidikan tertentu yang sesuai dengan karakteristik siswa.
4.
Evaluasi formatif
Evaluasi
formatif adalah evaluasi yang dilaksanakan untuk memperbaiki dan meningkatkan
proses belajar dan mengajar.
5.
Evaluasi sumatif
Evaluasi sumatif
adalah evaluasi yang dilakukan untuk menentukan hasil dan kemajuan belajar
siswa.
DAFTAR PUSTAKA
Arifin Zaenal.
(2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya
Arikunto Suharsimi.
(2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.
Jakarta: Bumi Aksara
Burhan Nurgiantoro.
(2012). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE
Tidak ada komentar:
Posting Komentar