SOAL JAWAB LANDASAN PENDIDIKAN
1. Jelaskan
7 aspek kompetensi pedagogik guru !
Jawab :
7 aspek kompetensi
pedagogik guru adalah :
a. Mengenal
karakteristik peserta didik
b. Menguasai
teori belajardan prinsip-prinsip pembelajaran
c. Pengembangan
kurikulum
d. Kegiatan
pembelajaran yang mendidik
e. Pengembangan
potensi peserta didik
f. Komunikasi
dengan peserta didik
g. Penilaian
dan evaluasi
2. Jelaskan
perbedaan dari istilah-istilah pendidikan berikut.
a. Mendidik
b. Mengajar
c. Melatih
d. Membimbing
Jawab
:
a. Mendidik
berkaitan dengan moral dan kepribadian.
b. Mengajar
berkaitan dengan bahan ajar dalam bentuk ilmu pengetahuan
c. Melatih
berkaitan dengan keterampilan atau kecakapan hidup (life skills).
d. Membimbing
berkaitan dengan norma dan tata tertib.
3. Jelaskan
tentang tujuan pembelajaran !
Jawab :
Tujuan pembelajaran
adalah suatu pernyataan mengenai keterampilan atau konsep yang diharapkan dapat
dikuasai oleh peserta didik pada akhir periode pembelajaran. Tujuan
pembelajaran merupakan arah yang hendak dituju dari rangkaian aktiviatas yang
dilakukan dalam proses pembelajaran.
4. Jelaskan
macam-macam landasan pendidikan !
Jawab :
Macam-macam landasan
pendidikan yaitu :
1. Landasan
Filosofis yaitu landasan yang berdasarkan atau bersifat filsafat (falsafah),
yang berkaitan dengan makna atau hakikat pendidikan.
2. Landasan
Sosiologis yaitu landasan yang berdasarkan proses interaksi antar dua individu,
bahkan dua generasi dan memungkinkan generasi muda untuk mengembangkan diri.
3. Landasan
Kultural yaitu landasan yang berdasarkan kebudayaan dan pendidikan yang
mempunyai hubungan timbal balik, sehingga kebudayaan dapat diwariskan dari
generasi ke genarasi penerus dengan jalan pendidikan baik secara informal
maupun formal.
4. Landasan
Psikologis yaitu landasan yang berdasarkan pemahaman peserta didik yang berkait
dengan aspek kejiwaan, merupakan faktor keberhasilan dalam untuk pendidikan.
5. Jelaskan
3 landasan filosofis pendidikan !
Jawab :
Landasan filosofis
pendidikan :
1. Landasan
Idealisme
Para
filosof ini mengklaim bahwa realitas pada hakikatnya bersifat spiritual. Karena
manusia itu adalah makhluk yang berfikir, yang memiliki tujuan hidup dan yang
hidup dalam aturan moral yang jelas.
2. Landasan
Realisme
Para
filosof realisme memandang bahwa dunia ini adalah materi yang hadir dengan
sendirinya, yang tertata dalam hubungan-hubungan di luar campur tangan manusia.
3. Landasan
Pragmatisme
Pada
dasarnya, pragmatisme merupakan suatu sikap hidup, suatu metode dan suatu
filsafat yang digunakan dalam mempertimbangkan nilai sesuatu ide dan kebenaran
sesuatu keyakinan secara praktis.
6. Bagaimanakah
implikasi landasan psikologi dalam pendidikan ?
Jawab :
Implikasi landasan
psikologi dalam pendidikan :
1. Seorang
pendidik dalam proses pembelajarannya memberikan kemungkinan untuk membentuk
kepribadian individu sesuai yang diharapkan akan tetapi tetap diperhatikan
faktor-faktor hereditas yang ada pada individu.
2. Seorang
pendidik dalam proses pembelajarannya harus memperhatikan tugas perkembangan
pada setiap masa perkembangan anak.
7. Jelaskan
mengapa Aliran Empirisme menganggap penting pendidikan !
Jawab :
Perkembangan seorang
anak menjadi dewasa sangat dipengaruhi oleh pengalaman atau lingkungan dan
pendidikan yang diterimanya sejak kecil. Pada dasarnya manusia itu bisa dididik
apa saja menurut kehendak lingkungan atau pendidikannya. Apabila manusia
mendapatkan pendidikan yang baik , maka ia akan tumbuh menjadi manusia yang
bermutu. Sebaliknya, apabila dalam pertumbuhannya ia menerima pendidikan yang
buruk, maka ia akan tumbuh menjadi manusia yang buruk. Pendidikan itu bisa
bersumber dari pendidikan formal maupun non formal.
8. Jelaskan
perbedaan pandangan Aliran Nativisme dan Naturalisme tentang pembawaan manusia
!
Jawab :
Aliran Nativisme
berpandangan bahwa pembawaan itu tergantung pada orang tuanya dan tidak percaya
bahwa lingkungan membawa pengaruh sedangkan Aliran Naturalisme berpandangan
bahwa pembawaan manusia semuanya dilahirkan baik dan percaya bahwa lingkungan
sangat berpengaruh pada perkembangan anak.
9. Jelaskan
perbedaan pandangan Aliran Empirisme dan Aliran Konvergensi tentang peranan
pembawaan terhadap perkembangan individu !
Jawab :
Aliran Empirisme berpandangan
bahwa pengalaman yang diperoleh dari lingkungan sangatlah penting dan
menentukan perkembangan individu dan kemampuan dasar yang dibawa sejak lahir
tidak menentukan sedangkan Aliran Konvergensi berpandangan bahwa faktor
pembawaan dan faktor lingkungan sama-sama berpengaruh terhadap perkembangan
manusia.
10. Mengapa
manusia perlu dididik ?
Jawab :
Manusia perlu dididik
karena sebagai makhluk sosial dan mempunyai agama, manusia dididik tentang
tujuan hidup sehingga perkembangan hidupnya pun akan terarah, sifat dan
sikapnya dapat dikembangkan menjadi lebih baik, karakter atau bakat yang
dimilikinya dapat diwujudkan.
11. Apa saja peran
penting guru di tengah masyarakat?
Jawab : Guru memiliki beberapa peran penting di tengah
masyarakat antara lain ;
1. Pendidik
2. Penggerak
Potensi
3. Pengatur Irama
4. Penengah
Konflik
5. Pemimpin
Kultural
12. Jelaskan
komponen-komponen pada sistem pendidikan !
Komponen-komponen
sistem pendidikan meliputi :
a. Input
pada sistem pendidikan, yang meliputi dasar pendidikan, tujuan pendidikan, dan
anak didik atau peserta didik
b. Process
pada sistem pendidikan yang merupakan kegiatan mobilisasi segenap komponen pendidikan
oleh pendidik terarah kepada pencapaian tujuan pendidikan
c. Enviromental
pada sistem pendidikan yaitu lingkungan yang ada di sekitarnya baik yang
menunjang maupun menghambat pencapaian tujuan pendidikan.
d. Output
pada sistem pendidikan yaitu hasil keluaran dari proses yang terjadi di dalam
sistem pendidikan
13. Jelaskan
tujuan pengadaan lembaga pendidikan formal !
Jawab :
Tujuan pengadaan
lembaga pendidikan formal antara lain :
1. Tempat
sumber ilmu pengetahuan
2. Tempat
untuk mengembangkan bangsa
3. Tempat
untuk menguatkan masyarakat bahwa pendidikan itu penting guna bekal kehidupan
di masyarakat sehingga siap pakai.
14. Jelaskan
fungsi pendidikan non formal !
Jawab :
Pendidikan non formal
berfungsi untuk membelajajarkan individu atau kelompok agar mampu memberdayakan
dan mengembangkan dirinya sehingga mampu beradaptasi terhadap perubahan atau
perkembangan zaman.
15. Mengapa
keluarga disebut sebagai lembaga pendidikan pertama dan utama ?
Jawab :
Keluarga sebagai
pendidikan pertama dan utama karena anak lahir dalam pemeliharaan orang tua dan
dibesarkan di dalam keluarga. Orang tua tanpa ada yang memerintah langsung
memikul tugas sebagai pendidik , baik bersifat sebagai pemelihara, sebagai
pengasuh, pembimbing, sebagai pembina maupun sebagai guru dan pemimpin terhadap
anak-anaknya. Ini adalah tugas kodrati dari tiap-tiap manusia.
16. Jelaskan
manfaat ilmu pendidikan sebagai teori !
Jawab :
1. Dapat
dijadikan sebagai pedoman untuk mengetahui arah serta tujuan mana yang akan
dicapai
2. Sebagai
tolok ukur mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan
3. Dapat
dijadikan sebagai tolok ukur sampai dimana seseorang telah berhasil
melaksanakan tugas dalam pendidikan
17. Jelaskan
dua wilayah kajian ilmu pendidikan !
Jawab :
1. Kajian
pendidikan teoretis
Cabang
teoretik sebagai ilmu dasar dari pedagogik. Kajian pada landasan-landasan
konseptual dan teoretik secara universal serta berbagai teori yang terkait
dengan pelaksanaan pendidikan.
2. Kajian
pendidikan praktis
Kajian
yang fokus pada aplikasi teori pendidikan dalam praktik penyelenggaraan
pendidikan.
18. Jelaskan
hubungan antara pendidikan teoretis dan pendidikan praktis !
Jawab :
Pendidikan teoretis dan
pendidikan praktis saling berhubungan erat karena ilmu pendidikan itu bersumber
dari teori dan pemikiran-pemikiran yang kemudian diimplementasikan dalam sebuah
praktek yang nyata.
19. Bagaimana
pernyataan lengkap dalam Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional ?
Jawab :
Undang-Undang Nomor 20
tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa pendidikan
nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban
bangsa yang bemartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan
untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta
bertanggungjawab.
20. Apa
misi pendidikan nasional menurut Undang-undang Nomor 20 tahun 2003?
Jawab :
Sesuai dengan
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentan Sistem Pendidikan Nasional, misi
pendidikan nasional adalah : (1). Mengupayakan peluasan dan pemeataan
kesempatan memperoleh pendidikan yang bemutu bagi seluruh rakyat Indonesia; (2). Membantu dan memfasilitasi
pengembangan potensi anak bangsa secara utuh sejak usia dini sampai akhir hayat
dalam rangka mewujudkan masyarakat belajar; (3). Meningkatkan kesiapan masukan
dan kualitas poses pendidikan untuk mengoptimalkan pembentukan kepibadian yang
bermoal; (4). Meningkatkan kepofesionalan dan akuntabilitas lembaga pendidikan
sebagai pusat pembudayaan ilmu pengetahuan, keteampilan,pengalaman, sikap, dan
nilai bedasarkan standar nasional dan global; dan (5). Membedayakan peran serta
masyarakat dalam penyelenggaaan pendidikan berdasakan pinsip otonomi dalam
konteks Negara Kesatuan RI.
21. Jelaskan
dasar hukum pendidikan nasional !
Jawab :
Dasar hukum pendidikan
nasional adalah hukum yang mendasari pelaksanaan kegiatan pendidikan, yaitu :
a. Pendidikan
menurut Undang-undang 1945, yang tersirat dan tersurat pada pasal 27, 29, 31,
32, 34 dan 35.
b. Undang-undang
RI Nomor 2 Tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional, diantaranya pasal 1 ayat 2
dan ayat 7.
Ayat
2 berbunyi sebagai berikut : Pendidikan
nasional adalah pendidikan yang berakar pada kebudayaan nasional yang
berdasarkan pada Pancasila dan Undang – Undang Dasar 45
c. Undang
Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
d. Undang Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
e. Peraturan Pemerintah Republik
Indonesia Nomor 19 Tahun 2005
tentang Standar Nasional Pendidikan
(SNP)
22. Jelaskan
jenjang dan satuan pendidikan !
Jawab :
1. Pendidikan
dasar, merupakan jenjang pendidikan yang melandasi pendidikan menengah dan
diatur dalam pasal 17 ayat 2 UU Sisdiknas, terdiri atas SD, MI.
2. Pendidikan
menengah, merupakan lanjutan pendidikan dasar, yang diatur pada pasal 18 ayat 3
UU Sisdiknas, terdiri atas SMA, MA.
3. Pendidikan
tinggi, merupakan jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup
program Diploma, Sarjana, Magister, Spesialis, dan Doktor.
23. Sebutkan
3 bentuk pendidikan yang diakui dalam pasal 13 ayat (1) UU Sisdiknas !
Jawab :
1. Pendidikan
formal, adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri
atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi
2. Pendidikan
nonformal, adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat
dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang
3. Pendidikan
informal, adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan.
24. Berikan
contoh satuan pendidikan Nonformal !
Jawab :
Satuan pendidikan
Nonformal terdiri dari :
1. Pendidikan
kecakapan hidup
2. Pendidikan
kepemudaan
3. Pendidikan
pemberdayaan perempuan
4. Pendidikan
kesetaraan
5. Pendidikan
pelatihan kerja
6. Pendidikan
anak usia dini
25. Jelaskan
pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan !
Jawab :
Pendidikan karakter
berarti melakukan usaha sungguh-sungguh, sitematik dan berkelanjutan untuk
membangkitkan dan menguatkan kesadaran serta keyakinan semua orang Indonesia
bahwa tidak akan ada masa depan yang lebih baik tanpa membangun dan menguatkan
karakter rakyat Indonesia. Dengan kata lain, tidak ada masa depan yang lebih
baik yang bisa diwujudkan tanpa kejujuran, tanpa meningkatkan disiplin diri,
tanpa kegigihan, tanpa semangat belajar yang tinggi, tanpa mengembangkan rasa
tanggung jawab, tanpa memupuk persatuan di tengah-tengah kebinekaan, tanpa
semangat berkontribusi bagi kemajuan bersama, serta tanpa rasa percaya diri dan
optimisme.
26. Apa
tujuan dari pengembangan manajemen berbasis sekolah ?
Jawab :
Tujuan pengembangan
manajemen berbasis sekolah antara lain :
1. Meningkatkan
mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah dalam mengelola dan
memberdayakan sumber daya yang tersedia.
2. Meningkatkan
kepedulian warga sekolah dan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan
melalui pengambilan keputusan bersama.
3. Meningkatkan
tanggung jawab sekolah kepada orang tua, pemerintah tentang mutu sekolah.
4. Meningkatkan
kompetensi yang sehat antar sekolah lain untuk mencapai mutu pendidikan yang
diharapkan.
27. Jelaskan
yang dimaksud pendidikan profesi dan contohnya !
Jawab :
Pendidikan profesi
adalah sistem pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang
menyiapkan peserta didik untuk menguasai keahlian khusus. Lulusan pendidikan
profesi mendapat gelar profesi. Contoh : Setelah bergelar S.E, seseorang
menempuh pendidikan profesi Akuntan, maka dia bergelar S.E.Ak.
28. Jelaskan
tiga pilar kebijakan pendidikan !
Jawab :
Tiga pilar kebijakan
pendidikan yaitu :
1. Perluasan
dan Pemerataan Akses Pendidikan;
2. Peningkatan
Mutu, Relevansi, dan Daya Saing Pendidikan;
3. Penguatan
Tata Kelola, Akuntabilitas, dan Citra Publik Pendidikan.
29. Jelaskan
fungsi kebijakan pendidikan nasional !
Jawab :
Fungsi kebijakan
pendidikan nasional yaitu dibuat untuk menjadi pedoman dalam bertindak,
mengarahkan kegiatan dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan.
30. Jelaskan
kriteria dan indikator yang harus dipenuhi untuk menjadi sekolah berstandar
nasional !
Jawab :
Kriteria dan indikator yang harus
dipenuhi untuk menjadi Sekolah Standar Nasional, yaitu :
a) Luas tanah
minimal sesuai dengan Permendiknas No. 24 Tahun 2007, dan rombel
minimal 9 rombel
b) Memiliki
dokumen Kurikulum yang berlaku secara lengkap.
c) Memiliki
perangkat pembelajaran yang lengkap, dari silabus sampai dengan RPP untuk semua
kelas/mata pelajaran.
d) Menerapkan pembelajaran
kontektual untuk kelas semua mata pelajaran.
e) Rata-rata gain
score minimal 0,6 dari tahun 1 sampai tahun 3 untuk semua mata pelajaran
f) Rata-rata
pencapaian ketuntasan kompetensi minimal 75 %
g) Kondisi guru
90 % minimal berpendidikan S-1 pada tahun ke-3
h) Penguasaan
kompetensi, 30% guru bersertifikat kompetensi
i)
Rasio jumlah rombel dan
jumlah kelas 1 : 1 (tidak boleh double shift)
j)
Jumlah siswa per rombel maksimal 32
untuk semua kelas
k) Rata-rata
jam mengajar guru berkisar antara 22 – 26
l)
Jumlah laboratorium minimal 1 lab
IPA, lab. Bahasa, lab. Multimedia dan lab.
Keterampilan
m) Memiliki telpon
dan akses internet pada lab komputer, guru, dan kepala sekolah
n) Memiliki ruang
kepala sekolah, ruang guru, ruang BP, ruang Tata Usaha, kamar kecil yang cukup
dan memadai (sesuai Peremendiknas)
o) Memiliki ruang
perpustakaan (termasuk ruang baca) sesuai SPM
p) Sudah
melaksanakan secara konsisten aspek-aspek dalam manajemen berbasis sekolah
(otonomi/kemandirian, keterbukaan, kerjasama, akuntabilitas dan
sustainabilitas)
q) Memiliki
perangkat media pembelajaran untuk semua mata pelajaran sesuai dengan Permendiknas.
r) Sudah
melaksanakan sistim penilaian yang komprehensif (ulangan harian, UTS, UAS,
ulangan kenaikan kelas) dengan teknik penilaian yang variasi (sesuai PP 19
tahun 2005)
knapa gk bisa di copy mbak.?
BalasHapusbelum rizki blm bisa dibuka
BalasHapusRefrensinya mana?
BalasHapus